Delegasi Ilsa Unhas Belajar Di Kuala Lumpur
  • English Language
  • Indonesian Language
  • Makassar,Indonesia

Delegasi ILSA Unhas Belajar di Kuala Lumpur

International Law Students Asociation (ILSA) Unhas mengikuti program internship ke Kantor Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur (KBRI-KL), Malaysia. Dalam kegiatan tersebut, ILSA Unhas diwakili oleh lima orang delegasi, yakni; Adelina Clarisa Harlyne, Clara Daniella Lumme, Ivonne Edgina Lisa, Syafira Nurul Adinda dan Stevanie Alfa Dian Bagau.Program kerja yang digelar tiap tahunnya oleh ILSA Unhas tersebut merupakan program kerja dari Ministry of Relationship ILSA dan telah diadakan selama empat tahun terakhir. Berbeda dengan kunjungan sebelumnya yang diadakan di Bangkok, Thailand, tahun ini, Pengurus ILSA Unhas menargetkan kunjungan di negeri tetangga, Malaysia.   

“Layaknya Internship, kami juga mengerjakan pekerjaan-pekerjaan local staff. Jadi job desk masing-masing peserta tergantung di bagian yang ada,” Ungkap Stevanie Alfa Dian Bagau, Ketua Delegasi ILSA Unhas di Kuala Lumpur.

 Stevanie menjelaskan bahwa ada beberapa program yang dikerjakan oleh ke lima delegasi tersebut di KBRI-KL, meliputi atase perdagangan dan atase Politik. Atase perdagangan berkaitan dengan peningkatan hubungan bilateral di bidang perdagangan, seperti sosialisasi kepada pelaku usaha di luar negeri mengenai regulasi dan pendampingan dalam penyelesaian sengketa perdagangan. Atase politik terkait dengan kepentingan nasional dan kaitannya dalam politik luar negeri bebas aktif, seperti penyelenggaraan pemilihan umum untuk WNI di Malaysia.

Program tersebut ditujukan untuk memberi pengalaman belajar ke luar negeri dan sebagai studi perbandingan teori antara ilmu yang didapatkan di ruang kuliah dan kajian di internal ILSA dengan kondisi praktiknya di lapangan. Demikian disampaikan oleh Ketua ILSA Unhas Periode 2017-2018, Amelia Rosa Lestari.

“Karena ILSA adalah organisasi yang mengkaji bidang Hukum Internasional, adanya program internship di KBRI tentu sangat penting, mengingat kurikulum Ilmu Hukum Internasional di fakultas bisa kita praktikkan di lingkungan kedutaan,” ujarnya.

Dalam kunjungan belajar tersebut perwakilan ILSA Unhas akan menimba pengalaman selama sebulan di KBRI Kuala Lumpur. Kunjungan selanjutnya direncanakan akan digelar pada bulan April mendatang di KBRI Bangkok, Thailand.