Delegasi Universitas Hasanuddin Pada UII Law Fair Piala Moh Natsir 2016

By admin 28 Maret 2016 12:42:06

Kompetisi hukum nasional UII Law Fair 2016 yang diselenggarakan oeleh Forum Kajian dan Penulisan Hukum (FKPH) fakultas hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta bertemakan “Menciptakan Lembaga Peradilan yang Berinegritas” dimana babak final diselenggarakana  pada tanggal 19-21 maret 2016 bertempat di Universitas Islam Indonesia. Pada kegiatan kali ini delegasi dari Universitas Hasanuddiin merupakan finalis dalam kompetisi Legislative Drafting (Perancangan Undang-Undang) yang bertemakan “Mewujudkan Hakim yang Berintegritas” dimana sebelum sampai pada babak final terlebih dahulu melalui proses seleksi berkas yang diikuti oleh 10 Universitas dan dipilih 5 berkas terbaik yang diundang untuk mempresentasikan karyanya di hadapa Dewan Juri. Delegasi Universitas Hasanuddin adalah sebuah tim perancangan undang-undang yang terdiri dari :

  1. Muh Santiago Pawe               Sebagai                       Ketua Delegasi
  2. Febri Maulana                       Sebagai                       Anggota
  3. Akbar Syarif H                       Sebagai                       Anggota
  4. Annisa Resky                        Sebagai                       Anggota
  5. Nilasari                                 Sebagai                       Anggota

Keima mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa fakultas hukum yang terdiri dari angkatan 2013 dan 2014. Setelah lulus pada tahap seleksi berkas maka tim dari Universitas Hasanuddin berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti babak final kompetisi perancangan undang-undang, UII Law Fair 2016 yang rangkaian kegiatannya terdiri dari :

  1. Opening Ceremony (acara pembukaan )

Pada hari sabtu tanggal 19 maret 2016 delegasi Unhas mengikuti rangkaian kegiatan opening ceremony yang berlangsung di gedung DPRD kota Yogyakarta. Pada opening ceremony kai in dilakukan penyambutan delegasi yang mengikuti baba final baik pada kompetisi perancangan undang-undang, kompetisi karya tulis ilmiah, maupun kompetisi debat hukum. Selepas opening ceremony juga dilanjutkan denga technical meeting yang diikuti oleh seluruh ketua delegasi yang beragendakan pembahasan tekhnis babak final yang akan diselenggarakan.

  1. Babak Final Kompetisi Perancangan Undang-Undang

Pada hari minggu 20 maret 2016 dilaksanakan acara puncak yaitu babak final kompetisi perancangan undang-undang yang berlangsung di Kampus pusat Universitas Islam Indonesia.  Delegasi universitas hasanuddin yang bernama SAYYID QUTB mendapatkan giliran presentasi ke-2. Pada saat presentasi ole delegasi UNhas terlaksana cukup lancar. Presentasi naskah akademik dilaksanakan sleama 25 menit. Setelah presentasi dilanjutkan sesi Tanya jawab oleh dewan juri yang terdiri dari Ketua Komisi Yudisial RI DR.Suparman Marzuki.,S.H.M.Si , Pakar Hukum Tata Negara Prof.,Dr.Ni’matul Huda.,S.H.,M.H, dan salah satu hakim pada pengadilan tinggi Yogyakarta. Sesi Tanya jawab oleh dewan juri berlangsung selama 30 menit dimana delegasi unhas dapat menjawab dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh ketiga dewan juri tersebut.

  1. Penutupan

Pada hari terakhir kegiatan dilaksanakan penutpan Kompetisi Hukum Nasional UII law Fair 2016 dimana dalam acara penutupan terseut diumumkan pula pemenang dari beberapa kompetisi termasuk kompetisi perancangan undang-undang. Namun sayang sekali delegasi universitas hasanuddin belum mampu memberikan gelar juara untuk almamater tercinta. Yang mendapatkan gelar juara adalah juara 1 oleh delegasi dari universitas sebelas maret Surakarta, dan juara 2 oleh universitas Indonesia. Terbersit kekecewaan dalam hati seluruh anggota delegasi universitas hasanuddin. Tetapi delegasi tetap bersyukur atas pencapaian yang berhasil ditorehkan yakni menembus babak final dan menyisihkan beberapa tim dari beberapa universitas pada seleksi berkas. Semoga di kompetisi selanjutnya delegasi Universitas Hasanuddin dapat memberikan hasil terbaik yakni gelar juara untuk almamater tercinta.

Bilingual

EN ID

Fakultas Fans Page

Kontak Kami

Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin

Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10, Tamalanrea Makassar,90245,Sul-sel, Indonesia
Telp : (0411) 587219
Email : hukum@unhas.ac.id

Pengunjung

Online 009
Hari Ini 122
Bulan Ini 7688