Rapat Kerja Universitas Hasanuddin Tahun 2018

Rapat Kerja Universitas Hasanuddin Tahun 2018

Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum., didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumber Daya Dr. Syamsuddin Muchtar, S.H., M.H., dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Muh. Hasrul, S.H., M.H., serta Ketua Gugus Penjaminan Mutu FH-UH Dr. Kahar Lahae, S.H., M.Hum., mengikuti Rapat Kerja Universitas Hasanuddin Tahun 2018 di Same Resort Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba yang berlangsung Jum’at-Minggu, 5-7 Oktober 2018.

Rapat Kerja ini dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr., dan dihadiri oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A., Ketua Majelis Wali Amanat Unhas Prof. Dr. Basri Hasanuddin, M.A., Ketua Senat Akademik Unhas Prof. Dr. Eng. Dadang Ahmad Suriamihardja, M.Eng., beserta 173 pimpinan Unhas dari seluruh unit. Raker ini membahas Perencanaan dan Pengembangan Unhas 2018-2022 dan mengangkat tema "Leading to International Reputation on The Uniqueness of Indonesia Maritime Continent".

Laporan Ketua Panitia Suharman Hamzah, S.T., M.T, Ph.D. HSE Cert., menyampaikan tema yang diangkat adalah merupakan penjabaran dari rencana pengembangan Unhas dan kemudian Renstra, serta visi-misi Rektor Unhas 2018-2022, dengan harapan menyusun pengembangan Unhas ke depan dan juga bisa membuktikan visi-misi salah seorang wakil terbaik Unhas yang menjadi Gubernur Sulsel, yang inovatif, produktif, kompetitif dan berkarakater.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas mengatakan bahwa Rapat Kerja seperti ini merupakan agenda strategis bagi Unhas dalam rangka menjawab tantangan ke depan dalam menghadapi era yang disebut disrupsi peradaban 4.0, dimana kehadiran teknologi informasi dan telekomunikasi telah menjadi keniscayaan.  Rektor mengaku bahagia karena kegitan ini dihadiri dan dibuka resmi oleh Prof. Nurdin Abdullah, dimana pada tahun 2014 lalu Raker Unhas juga dibuka resmi oleh Prof. Nurdin Abdullah yang pada saat itu menjabat Bupati Bantaeng. Menurut Rektor, Raker Unhas tahun 2018 dilakukan demi meraih segala target Unhas 5 tahun kedepannya, termasuk untuk memastikan Unhas harus berbasis perencanaan dan juga membahas sasaran strategis yang dapat mensupport program Pemprov Sulsel 5 tahun kedepan. Rektor berharap Gubernur dapat memberikan arahan, fokus pada bidang apa dan bisa menjadi masukan di dalam perencanaan kerja untuk 2018-2022.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan mengatakan bahwa kehadirannya dalam forum ini bukan saja sebagai Gubernur tetapi juga sebagai staf di Fakultas Kehutanan dan juga untuk memohon dukungan dari Unhas dalam penyusunan program yang diharap dapat membantu perkembangan kabupaten/kota di Sulsel. Menurut Gubernur, Pemerintah Sulawesi Selatan dapurnya adalah kampus, maka saatnya membangun sinergi antara Pemerintah Provinsi dan Universitas Hasanuddin. Dengan sumber daya manusia yang melimpah, Unhas dapat menjadi pendorong pertumbuhan kabupaten/kota di Sulsel. Gubernur juga menyampaikan bahwa kendala yang ada di Sulawesi Selatan adalah krisis inovasi, salah satu jalan keluarnya adalah sinergi dari semua pihak. Gubernur kemudian membahas empat persoalan mendasar yang dihadapi masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan yakni masalah sistem perikanan, perkebunan, kehutanan dan pariwisata. Keempat persoalan itu harus dijawab tantangannya oleh teman-teman di Unhas karena tantangan kedepan makin kompleks. Gubernur mengharapkan dalam rapat kerja Unhas memiliki program inovatif yang ril dan bisa menjadi solusi bagu masyarakat kabupaten dan kota di Sulsel.


Forum Rapat Kerja selanjutnya dibagi dalam 5 komisi, yaitu: Komisi Akademik, Komisi Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur, Komisi Kemahasiswaan dan Alumni, Komisi Pengembangan dan Kerja Sama, dan Komisi Sumber Daya Manusia.