Pembinaan Mahasiswa Hukum (pmh) Tahap I Fakultas Hukum Unhas Tahun 2018

Pembinaan Mahasiswa Hukum (PMH) Tahap I Fakultas Hukum Unhas Tahun 2018

Fakultas Hukum Unhas menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Mahasiswa Hukum (PMH) Tahap I yang mengangkat tema Menumbuhkan Karakter yang Berjiwa Maritim, kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa FH-UH dan akan dilaksanakan selama 2 hari. Acara pembukaan kegiatan dilangsungkan di Baruga Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., FH-UH pada Sabtu (17/11) dan dibuka oleh Wakil Rektor Unhas Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., serta dihadiri oleh Dekan FH-UH Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FH-UH Dr. Muh. Hasrul, S.H., M.H., Dosen dan Staf FH-UH, Presiden dan Wakil Presiden BEM FH-UH, Ketua DPM FH-UH dan para Ketua UKM FH-UH. Kegiatan PMH ini diikuti oleh 320 orang mahasiswa baru FH-UH angkatan 2018.

Presiden BEM FH-UH Andi Mattalatta dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tahap awal bagi mahasiswa baru sebagai penerus dan keluarga mahasiswa FH-UH. PMH Tahap I ini diadakan dalam rangka pengenalan kampus, segala hal yang ada di FH-UH baik bangunan fisik maupun kelembagaan yang ada di FH-UH. Selain memahami karakter kultur di FH-UH, mahasiswa baru juga harus memahami visi misi universitas dan fakultas. Melalui kegiatan ini juga diharapkan kepada mahasiswa baru agar dapat mengerti cara bersikap atau penghormatan kepada orang-orang yang ada di FH-UH baik mahasiswa senior, dosen dan pegawai staf.


Dekan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pergerakan kemahasiswaan di FH-UH dalam koridor hukum dan dalam koridor akademik, semua kegiatan dalam merespon perkembangan sosial masyarakat di luar, hendaknya dilakukan dalam koridor akademik. Menghadapi era modernisasi, mahasiswa baru harus mempersiapkan diri, salah satu caranya dengan mengikuti tahapan pengkaderan atau pembinaan agar dapat memahami dan mengenali siapa dirinya dan bagaimana lingkungannya. Mahasiswa baru merupakan keluarga besar Universitas Hasanuddin dan hal ini harus ditanamkan pada diri mahasiswa baru agar dapat bersikap, bertingkah dan bertindak dalam menjaga marwah Unhas. Proses ini harus dijalani dengan baik untuk mengenali lingkungan kampus, PMH I nantinya akan diwajibkan bagi mahasiswa baru sebagai basic untuk mengetahui tentang organisasi dan memberikan perspektif mengenai pengkaderan organisasi.

 

Wakil Rektor 3 dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihak universitas sangat mendukung kegiatan seperti ini. Universitas yang besar adalah universitas yang memiliki 4 karakter mahasiswa yakni mahasiswa yang senang berorganisasi, mahasiswa yang senang hura-hura, mahasiswa kutu buku dan mahasiswa kritis. Bidang kemahasiswaan diberi amanah untuk mendorong mahasiswa agar terus berprestasi, makanya anggaran tahun depan akan dialokasikan sebanyak-banyaknya pada pengembangan penalaran, keorganisasian dan kapasitas mahasiswa. Unhas juga akan mengembalikan ruh kepemimpinan mahasiswa unhas melalui program bebas tes bagi Ketua OSIS SMA terbaik per kabupaten. Pihak universitas juga mencoba membangun dinamisasi mahasiswa di tingkat universitas dengan merekrut 10 orang per fakultas dalam program Student Leadership Forum (SLF). PMH ini merupakan kegiatan positif untuk memberikan rekonstruksi mahasiswa Fakultas Hukum.