Pembinaan Mahasiswa Hukum (pmh) Tahap Iii Fakultas Hukum Unhas Tahun 2018

PEMBINAAN MAHASISWA HUKUM (PMH) TAHAP III FAKULTAS HUKUM UNHAS TAHUN 2018

Fakultas Hukum Unhas menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Mahasiswa Hukum (PMH) Tahap III Tahun 2018 dengan tema Implementasi Nilai-Nilai Pembinaan Melalui Pengabdian dan Bina Akrab, kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa FH-UH dan dilangsungkan pada Sabtu-Minggu (8-9/12) di Permandian Je'ne Tallasa' Sileo, Kabupaten Gowa. Kegiatan PMH III ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Dr. Muh. Hasrul, S.H., M.H., dan dihadiri oleh Dosen dan Staf FH-UH, Presiden dan Wakil Presiden BEM FH-UH, Ketua DPM FH-UH serta para Ketua UKM FH-UH. Kegiatan ini diikuti oleh 318 orang mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa baru angkatan 2018 dan mahasiswa angkatan 2017 yang belum mengikuti PMH III. Adapun rangkaian kegiatannya yakni pemberian materi, ice breaking, games, evaluasi, pertunjukan apresiasi seni, senam, outbond, dan baksos penanaman pohon.


Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa FH-UH Muh. Fauzi Ramadhan dalam sambutannya menyampaikan bahwa organisasi kemahasiswaan FH-UH membutuhkan para peserta PMH III ini sebagai kader, sebagai idealis muda dalam melanjutkan roda organisasi kemahasiswaan FH-UH. Jika di PMH I para peserta diajarkan beretika dan berlogika, di PMH II diajarkan mengenai retorika kepemimpinan, maka di PMH III ini akan diakrabkan sehingga muncul estetika. Ketiga unsur ini tidak didapatkan di bangku kuliah. Satu tahapan lagi dan pihaknya sebagai DPM FH-UH akan menjadi orang pertama yang menyambut para peserta PMH III dalam organisasi kemahasiswaan FH-UH.


Presiden BEM FH-UH Andi Mattalatta dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para peserta PMH III karena selangkah lagi akan menjadi Keluarga Mahasiswa FH-UH. Ibarat rumah, saat ini para peserta berada di ruang tamu dan sebentar lagi setelah melalui seluruh rangkaian kegiatan pengkaderan ini maka akan memasuki bagian inti dari rumah itu untuk mengetahui apa saja isi di dalamnya. Kesempatan ini jangan disia-siakan, berkumpul dalam ranah bina akrab. Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat mengakraban diri kepada seluruh organ yang ada di FH-UH, namun tetap menjunjung batasan dalam berperilaku, mengakrabkan diri dengan cara beretika, beradab, dan sopan santun. Setelah menjadi Keluarga Mahasiswa FH-UH, ada lembaga dan UKM yang menanti untuk menjadi bagiannya serta ikut terlibat dalam kegiatan organisasinya.


Wakil Dekan mengawali sambutannya dengan bercerita tentang masa bina akrab pada saat masih menjadi mahasiswa. Bina akrab kali ini suasananya sangat humanis dan karena corenya adalah bina akrab maka kegiatannya lebih berorientasi serta akan dikemas penuh keakraban dalam menjalin silaturrahim diantara semua. Selain itu para peserta PMH III juga tiba di prosesi yang ketiga, setelah ini akan sah menjadi Keluarga Mahasiswa FH-UH. Wakil Dekan berpesan kepada panitia agar penyelenggaraan sesuai jadwal agar setelah ini, semua dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian final. Selain sukses berorganisasi, mahasiswa juga harus sukses studi karena tujuan mahasiswa ke kampus adalah menjadi sarjana.