Fakultas Hukum Unhas Meraih Juara 3 Pada Padjadjaran Notarial Fair 2019

Fakultas Hukum Unhas meraih Juara 3 pada Padjadjaran Notarial Fair 2019

Fakultas Hukum Unhas mengikuti ajang Padjadjaran Notarial Fair (PNF) 2019 yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Notariat (IMNO) Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran yang berlangsung pada Jumat-Sabtu (15-16/3) di kampus Unpad Bandung. Kegiatan ini mengangkat slogan “Challenges Your Skill and Complete Your Deeds with Us”. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Unpad Prof. Dr. An An Chandrawulan, S.H., LL.M., didampingi Ketua Program Studi Magister Kenotariatan Universitas Padjadjaran Dr. Isis Ikhwansyah, S.H., M.H., C.N.


Ajang PNF merupakan pionir kompetisi hukum kenotariatan nasional dan diharapkan menjadi barometer kompetisi hukum sejenis yang akan digelar perguruan tinggi lainnya. PNF mengangkat ide, tema, hingga lomba yang baru dan segar yang menantang para pesertanya untuk menggali sedalam mungkin pengetahuannya tentang hukum terkhususnya hukum kenotariatan. Rangkaian kegiatannya berupa lomba pembuatan akta, simulasi praktik notaris, serta kuliah umum. Pada lomba pembuatan akta dan simulasi praktik notaris, peserta diharuskan menciptakan gagasan baru yang berguna untuk profesi notaris ke depan. Pada tahap pertama atau babak penyisihan, peserta membuat Legal Opinion (LO) dan akta berupa naskah berdasarkan kasus posisi yang telah ditentukan. Di akhir sesi simulasi ada proses tanya jawab dari juri kepada peserta. Pada penyelenggaraan PNF 2019 ini diikuti oleh 20 Prodi Magister Kenotariatan PTN dari seluruh Indonesia yang mendaftar, 9 diantaranya berhasil lolos seleksi dan akhirnya terpilih 5 yang lolos terbaik dan mengikuti kompetisi pada penghujung kegiatan.


Fakultas Hukum Unhas berhasil menjadi peringkat ketiga. Peringkat pertama diraih oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan peringkat kedua diraih oleh Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Dewan Juri terdiri dari Dr. Herlien Budiono, S.H. (Akademisi), Yanly Gandawidjaja, S.H., M.Hum., Sp1. (Notaris/PPAT), Dr. Wira Franciska, S.H., M.H. (Notaris/PPAT), Dr. Isis Ikhwansyah, S.H., M.H., C.N. (Akademisi) dan Iwan Ahmad Dwikora, S.H.