Pembinaan Dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (p2kmb) Fakultas Hukum Unhas Tahun 2020

Pembinaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) Fakultas Hukum Unhas Tahun 2020

Fakultas Hukum Unhas menggelar penyambutan mahasiswa baru yang bertajuk Pembinaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) Fakultas Hukum Tahun 2020 yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meetings dan live streaming dari Baruga Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H. FH-UH, pada Selasa-Rabu (8-9/9). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum, serta turut dihadiri oleh Ketua Senat Fakultas Hukum Unhas Prof. Dr. Syamsul Bachri, S.H., M.S., para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris GPM, Sekretaris dan anggota Senat Akademik, para Ketua dan Sekretaris Departemen, para Ketua Program Studi, para Dosen dan Tendik. Pada kesempatan ini, Dekan secara resmi menerima Mahasiswa Baru Fakultas Hukum sejumlah 503 orang yang terdiri atas 410 orang dari Program Studi Sarjana Ilmu Hukum dan 93 orang dari Program Studi Sarjana Hukum Administrasi Negara.


Kegiatan P2KMB ini dimaksudkan sebagai sarana bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan mengetahui tata kelola, sistem pendidikan, serta lingkungan fisik kampus Fakultas Hukum Unhas dalam rangka pengembangan potensi dirinya. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai titik-tolak inisiasi pembinaan idealisme, menanamkan dan memperkuat rasa cinta tanah air, dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan.Secara umum, kegiatan P2KMB bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar mereka dapat lebih cepat beradaptasi dengan kehidupan kampus serta lingkungan sosialnya. Secara khusus, kegiatan P2KMB bertujuan untuk mengenalkan Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka serta penanaman gerakan nasional Revolusi Mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia madiri dan Indonesia bersatu, mengenalkan sistem dan tata kelola Fakultas Hukum Unhas serta kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan (pengembangan soft skill, karakter, leadership, penalaran dan bakat minat mahasiswa), mengenalkan pentingnya skill pembelajaran (skill learning) dan pendidikan karakter, khususnya karakter MARITIM, mendorong mahasiswa untuk proaktif beradaptasi, membentuk jejaring, menjalin keakraban dan persahabatan antar mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan, mengenalkan arti pentingnya kesadaran berbangsa, bernegara, cinta tanah air, lingkungan dan bermasyarakat, serta menanamkan komitmen terhadap 4 (empat) konsensus dasar hidup berbangsa dan bernegara (Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945).


Pada hari pertama, mahasiswa baru diberi materi antara lain Penyelenggaraan Pendidikan dan Kalender Akademik FH-UH oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi FH-UH Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., Pengenalan Prodi Sarjana Ilmu Hukum oleh Ketua Prodi Sarjana Ilmu Hukum FH-UH Dr. Maskun, S.H., LL.M., Pengenalan Prodi Sarjana Hukum Administrasi Negara oleh Ketua Prodi Sarjana Hukum Administrasi Negara FH-UH - Prof. Dr. Achmad Ruslan, S.H., M.H., Panduan Pengisian KRS melalui Neosia dan Pengenalan Aplikasi Pembelajaran SIKOLA Unhas oleh Ketua Prodi Sarjana Ilmu Hukum FH-UH Dr. Maskun, S.H., LL.M. dan Kasubag Akademik FH-UH Rini Angraeni, S.Kom., Pengenalan Organisasi, Sarana dan Prasarana Fakultas Hukum Unhas oleh Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya FH-UH Dr. Syamsuddin Muchtar, S.H., M.H., Peraturan Ketertiban Mahasiswa dalam Kampus oleh Ketua Komisi Etik FH-UH Prof. Dr. Anwar Borahima, S.H., M.H., Penjaminan Mutu FH-UH oleh Ketua Gugus Penjaminan Mutu FH-UH Dr. Kahar Lahae, S.H., M.H. serta Motivasi dan Prospek Kerja Alumni Fakultas Hukum Unhas oleh Alumni FH-UH Dr. Chaerul Amir, S.H., M.H. (Inspektur Wil. IV pada Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan Agung RI).


Pada hari kedua, materi yang diberikan antara lain Pengenalan Departemen oleh Ketua Departemen Hukum Keperdataan Dr. Winner Sitorus, S.H., LL.M., Ketua Departemen Hukum Internasional Dr. Iin Karita Sakharina, S.H., M.A., Sekretaris Departemen Hukum Tata Negara Eka Merdekawati Djafar, S.H., M.H., Sekretaris Departemen Hukum Pidana Dr. Hj. Haeranah, S.H., M.H., Ketua Departemen Hukum Administrasi Negara Dr. Romi Librayanto, S.H., M.H., Sekretaris Departemen Hukum Dasar Dr. Muh Basri, S.H., M.H., Ketua Departemen Hukum Masyarakat dan Pembangunan Dr. Wiwie Heryani, S.H., M.H., dan Sekretaris Departemen Hukum Acara Dr. Andi Syahwiah, S.H., M.H. Kemudian Materi Pengenalan Organisasi Kemahasiswaan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Dr. Muh Hasrul, S.H., M.H., Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Unhas, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Hukum Unhas, dan Ketua Mahkamah Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas. Materi terakhir yakni Pengenalan Unit Kegiatan Kemahasiswaan, Himpunan Mahasiswa Program Studi, dan Himpunan Mahasiswa Departemen yang masing-masing dibawakan oleh Ketua UKM, HMPS dan HMD yakni:

Unit Kegiatan Mahasiswa

  • Asian Law Students Association (ALSA)
  • Sepak Bola
  • Karate-do Gojukai Indonesia
  • Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah (LP2KI)
  • Bengkel Seni Dewi Keadilan (BSDK)
  • Pencinta Alam Recht Faculteit Universitas Hasanuddin (CAREFA)
  • Bola Basket
  • Lembaga Dakwah Asy-Syari’ah Mahasiswa Pecinta Mushalla (LDA MPM)
  • Lembaga Pers Mahasiswa Hukum (LPMH)
  • Lembaga Debat Hukum dan Konstitusi (LeDHaK)
  • Gerakan Radikal Anti Tindak Pidana Korupsi (Garda Tipikor)
  • Pusat Program Kreativitas Mahasiswa dan Kewirausahaan (P2KMK)
  • Hasanuddin Law Study Centre (HLSC)

Himpunan Mahasiswa Program Studi

Forum Mahasiswa Hukum Administrasi Negara (FORMAHAN)

Himpunan Mahasiswa Departemen

  • Lembaga Kajian Mahasiswan Pidana (LKMP) - Departemen Hukum Pidana
  • Asosiasi Mahasiswa Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (AMPUH) - Departemen Hukum Keperdataan
  • International Law Student Association Chapter Universitas Hasanuddin (ILSA) - Departemen Hukum Internasional
  • Pusat Kajian dan Penelitian Hukum Tata Negara (PUSAKA HTN) - Departemen Hukum Tata Negara
  • Law and Society Studies Institute Universitas Hasanuddin (Lets Institute Unhas) - Departemen Hukum, Masyarakat dan Pembangunan