Profil Lulusan
  • English Language
  • Indonesian Language
  • Makassar,Indonesia

Profil Lulusan

Proses penentuan Profil Lulusan Program Studi Ilmu Hukum dilakukan melalui studi pelacakan (tracer study) untuk mengidentifikasi profil lulusan. Penjaringan aspirasi pemangku kepentingan dilakukan melalui survei, FGD, lokakarya, dan pertemuan informal para alumni. Hasil studi pelacakan menunjukkan bahwa Profil Lulusan Program Studi Ilmu Hukum adalah Penegak Hukum, Konsultan Hukum, dan Perancang Perundang-undangan. Lulusan Program Studi Ilmu Hukum diharapkan menjadi:

  1. Penegak hukum yang memiliki integritas dan etika profesionalitas hukum dan keterampilan dalam argumentasi dan penalaran hukum, berpikir kritis, logis dan sistematis, analisis kasus hukum, negosiasi dan mediasi, berkomunikasi, persuasif, dan menengahi pihak-pihak yang bersengketa secara obyektif.
  2. Konsultan hukum yang memiliki integritas dan etika profesionalitas hukum dan keterampilan dalam analisis hukum, argumentasi dan penalaran hukum, komunikasi dan memberi solusi dan saran hukum.
  3. Perancang Perundang-undangan dan kontrak yang memiliki integritas dan etika profesionalitas hukum dan keterampilan dalam argumentasi dan penalaran hukum, perancangan perundang-undangan dan kontrak dan komunikasi.