Launching Jurnal Hukum Masyarakat Dan Pembangunan “justice And Society” Fakultas Hukum Unhas
  • English Language
  • Indonesian Language
  • Makassar,Indonesia

Launching Jurnal Hukum Masyarakat dan Pembangunan “Justice and Society” Fakultas Hukum Unhas

Mahasiswa Fakultas Hukum yang tergabung dalam Lembaga Studi Law and Society melaunching Jurnal Hukum Masyarakat dan Pembangunan “Justice and Society” volume 1 edisi khusus Komunitas Adat Tolotang pada Kamis (2/5) di Ruang Moot Court Dr. Harifin A. Tumpa FH-UH. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademiki, Riset dan Inovasi Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., didampingi Ketua Departemen Hukum Masyarakat dan Pembangunan Dr. Wiwie Heryani, SH., M.H., yang juga Pembina Lembaga Studi Law and Society, dihadiri oleh Direktur Lembaga Studi Law and Society Fadila Amalia Syarif beserta pengurus dan anggota. Turut hadir dalam Launching Jurnal ini, Dewan Adat Komunitas Tolotang Uwa’ Samang, S.H., M.Kn.


Tema kegiatan yang diangkat pada Launcing Jurnal ini adalah Mengaktualisasikan Kultur Sipakatau, Sipakainge’, Sipakalebbi’ di Era Milenial. Peminatan dalam forum studi hukum masyarakat dan pembangunan pun semakin digiatkan, seperti diadakannya berbagai diskusi dan seminar yang menjawab tafsir progresif di dalam problematika hukum serta dilahirkannya forum-forum studi di kalangan mahasiswa yang dicetuskan pertama kalinya di berbagai kampus di Indonesia sebagai sebuah lembaga studi hukum  dan masyarakat “Law and Society Studies Institute” di Universitas Hasanuddin. Kreativitas para mahasiswa hukum di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang diinisiasi oleh dosen-dosen pengajar Departemen Hukum Masyarakat dan Pembangunan FH-UH. Dukungan penuh yang diberikan oleh dosen-dosen pengajar guna kembali membumikan wacana hukum masyarakat dan pembangunan di ranah studi keilmuan hukum di Indonesia. Melalui aktivitas penelitian, re-edukasi hukum, kekaryaan dan berbagai kegiatan lain yang digiatkan oleh mahasiswa anggota dari lembaga studi Law and Society yang ditunjang oleh dosen-dosen di departemen menurut pembidangannya masing-masing.


Harapan ke depannya ialah Law and Society Studies Institute yang telah ada dan berkegiatan aktif di Universitas Hasanuddin ini melakukan pengembangan secara keilmuan dan kelembagaan di berbagai fakultas hukum yang ada di Indonesia untuk lebih memperkaya wahana pembelajaran hukum kita hari ini yang mesti dijawab dengan lebih progresif. Jurnal ini adalah salah satu produk kebanggan terhadap langkah terbarukan mahasiswa yang saat ini minim pada wilayah penulisan atau penerbitan sebuah karya.