Hukum Keperdataan

Hukum Keperdataan

Departemen Hukum keperdataan saat ini di awaki oleh Dr. Winner Sitorus, S.H., M.H., LL.M., selaku Ketua, dan Dr. Sri Susyanti Nur, S.H., M.H. selaku Sekretaris.

Departemen Hukum Keperdataan adalah salah satu Departemen yang menjadi pioneer dalam pengembangan Fakultas Hukum UNHAS bersama-sama dengan Departemen Hukum Tata Negara, Hukum Internasional dan Hukum Pidana. Departemen Hukum Keperdataan memiliki 4 (empat) bidang keilmuan, yaitu Hukum Perdata Materil, Hukum Perdata Islam, Hukum Agraria dan Hukum Perdata Adat.

Departemen Hukum Keperdataan membina 24 mata kuliah yang terdiri atas matakuliah wajib nasional, matakuliah wajib fakultas dan matakuliah pilihan, yang selanjutnya disajikan pada Semester Awal (Ganjil) sebanyak 13 mata kuliah dan Semester Akhir (Genap) sebanyak 11 (sebelas) mata kuliah.

Adapun matakuliah yang disajikan dalam setioap semester sebagai berikut:

Semester Awal (Ganjil), meliputi: Hukum Agraria, Hukum Adat, Hukum Islam, Hak kekayaan Intelektual, Hukum Perikatan, Hukum Dagang lanjutan, Hukum Jaminan, Hukum Agraria Perairan, Hukum Penguasaan dan Pengaturan Pertanahan, Hukum Kekeluargaan dan Kewarisan Adat, Ekonomi Syariah, Klinik Hukum I (Perdata/Pengadilan/Agraria), dan Klinik Hukum I (Hukum Perlindungan Konsumen). Selanjutnya pada Semester Akhir (Genap), meliputi: Hukum Perdata, Hukum Sumber Daya Alam, Hukum Dagang, Hukum Perumahan, Permukiman dan Apartemen, Hukum Kekeluargaan dan Kewarisan Islam, Hukum Islam lanjutan, Hukum Perusahaan, Hukum Perdata Internasional, Hukum Perlindungan Konsumen, dan Persaingan Usaha, Hukum Perbankan dan Lembaga Pembiayaan, dan Politik Hukum Agraria.

Departemen Hukum Keperdataan memiliki sumber daya sebanyak Dosen 26 orang dosen, yang terdiri atas 5 Profesor (Guru besar), 13 Doktor, dan 6 Magister. Selanjutnya 2 orang Profesor (Guru Besar) sebagai dosen yang diaktifkan kembali dengan diberi NIDK (Nomor Induk Dosen Khusus). Selain tenaga pengajar dalam departemen, juga dibantu tenaga pengajar dari departemen lain dalam lingkup Fakultas Hukum Unhas. Adapun Tenaga Pengajar dimaksud sebagai berikut:

 

Ketua         : Dr.Winner Sitorus, S.H., M.H., LL.M.

Sekertaris   : Dr. Sri Susyanti Nur, S.H., M.H.

Anggota :

Prof. Dr. Aminuddin Salle, S.H., M.H.

Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H., M.H.

Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum.

Prof. Dr. Ahmadi Miru, S.H., M.H.

Prof. Dr. Anwar Borahima, S.H., M.H.

Prof. Dr. Badriyah Rifai, S.H.

Prof. Dr. H. Abdullah Marlang, S.H.,M.H.

Dr. Sudirman Saad, S.H., M.Hum.

Dr. Nurfaidah Said, S.H., M.Si, M.H.

Dr. Sabir Alwy, S.H., M.H.

Dr. H. Mustafa Bola, S.H., M.H.

Dr. Harustiati A. Moein, S.H., M.H.

Dr. Sabir Alwy, S.H., M.H.

Dr. Harustiati A. Moein, S.H., M.H.

Dr. Oky Deviany Burhamzah, S.H., M.H.

Dr. Kahar Lahae, S.H., M.Hum.

Dr. Hasbir, S.H., M.H.

Dr. Sakka Pati, S.H., M.H.

Dr. Muh. Ilham Arisaputra, S.H., M.Kn.

Dr. Aulia Rifai, S.H., M.H.

Dr. Marwah, S.H., M.H.

Achmad, S.H., M.H.

H.M. Ramli Rahim, S.H., M.H.

Muhammad Aswan, S.H., M.Kn.

Fauziah P Bhakti, S.H., M.H.

Fitri Pratiwi Rasyid, S.H., M.H.

Amaliyah, S.H., M.H.

Prof. Dr. A. Suriyaman MP, S.H., M.H.

Prof. Dr. Musakkir, S.H., M.H.

Prof. Dr. H.M. Arfin Hamid, S.H., M.H.

Dr. H. Mustafa Bola, S.H., M.H.