Lembaga Pers Mahasiswa Hukum
  • English Language
  • Indonesian Language
  • Makassar,Indonesia

Lembaga Pers Mahasiswa Hukum

Lembaga Pers Mahasiswa Hukum Univer-sitas Hasanuddin (LPMH-UH) adalah sa-lah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang merupakan sebuah organisasi kemaha-siswaan yang bergerak di bidang Jurnalistik. Didirikan pada tahun 1995, LPMH-UH dirin-tis oleh aktivis gerakan mahasiswa, khususnya aktivis pers mahasiswa di awal tahun 1994. Di-bentuknya LPMH-UH tidak terlepas dari tun-tutan gerakan mahasiswa saat itu yang mulai memperlihatkan kembali eksistensinya sete-lah dibungkam oleh rezim otoriter Orde Baru sejak tahun 1996. Aktivis gerakan mahasiswa khususnya aktivis gerakan pers mahasiswa, menilai bahwa gerakan mahasiswa membutu-hkan media informasi yang investigatif, seperti yang telah ditunjukkan oleh para founding father bangsa ini yang mana sejak dirintisnya kemer-dekaan Indonesia, seperti Indonesia Moeda yang diterbitkan di Netherland di tahun 1924 yang dipelopori oleh Hatta dan Syahrir. Kemudian media Indonesia Merdeka di era tahun 1930-an, media Suara Mahasiswa Universitas Indonesian dan media-media lainnya yang berperan meng-gantikan koran-koran harian yang dibredel pas-ca kemerdekaan.

Sejarah eksistensi media mahasiswa inilah yang mengilhami para aktivis gerakan mahasiswa di tahun 1994 untuk membentuk sebuah Lembaga Pers Mahasiswa yang menca-pai kata sepakat dengan nama Lembaga Pener-bitan Pers Mahasiswa Hukum Unhas (LPPMH Unhas) yang kini menjadi Lembaga Pers Maha-siswa Hukum Universitas Hasanuddin (LPMH-UH). LPMH-UH awalnya tidak berbentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), melainkan lemba-ga otonom mahasiswa di luar kampus. Namun seiring dengan semakin dibutuhkannya kader pers mahasiswa maka sejak tahun 2000, LPMH-UH berubah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berkedudukan di Fakultas Hu-kum Unhas. Kegiatan mahasiswa yang diper-lihatkan sejak berdirinya dan nilai-nilai intelek-tual yang senantiasa diterapkan, mengantarnya menjadi salah satu UKM yang dipercayakan menangani Ko-kurikuler Jurnalistik bagi maha-siswa yang duduk pada semester pertama.

Berdiri sejak dua puluh tahun yang lalu –8 Desember 1995– LPMH-UH terus berkiprah tidak hanya sebagai organisasi yang menitikbe-ratkan pada kemampuan jurnalistik, dalam hal ini membangun kecerdasan menulis melalui kegiatan-kegiatan jurnalistik yang juga dilaku-kan guna memperkuat kompetensi anggota-anggotanya, tetapi lebih luas lagi melakukan pengawalan terhadap isu-isu ekonomi kerakya-tan sebagai konsistensi terhadap pengawalan konstitusi, baik di dalam maupun di luar kampus.

Visi :

  1.  Terbentuknya insan pers mahasiswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Terbentuknya insan pers mahasiswa yang berjiwa pembaharu bangsa, kritis, analitis, dan humanis;
  3. Terbentuknya insan pers mahasiswa yang berintelektual dan berintegritas tinggi;
  4. Terbentuknya mahasiswa yang menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Misi:

  1. Memberikan pemberitaan berdasarkan pada nilai-nilai kebenaran dan keadilan, mengede-pankan netralitas, serta independensi dan etika jurnalistik;
  2. Mengoptimalkan aktivitas jurnalistik dalam rangka pembentukan opini public