Rencana Strategis
  • English Language
  • Indonesian Language
  • Makassar,Indonesia

Rencana Strategis

Latar Belakang Pemikiran

Adanya arus perubahan sosial masyarakat yang berlangsung sedemikian cepat dan diiringi dengan kecenderungan perkembangan masyarakat global yang melingkupi segenap aktivitas kemasyarakatan maupun kenegaraan, telah memberikan indikasi bahwa ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan sekaligus memiliki kemampuan untuk menjawab ragam tantangan tersebut mutlak perlu dilakukan. Salah satu kebutuhan yang dirasakan sangat mendesak untuk dipenuhi dan harus segera dilakukan adalah tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas yang mempunyai kompetensi dan kapabilitas yang cukup dengan berlatar pendidikan keilmuan hukum.

Hal tersebut di atas sangat beralasan dilakukan mengingat makin kompleks dan beragamnya berbagai persoalan hukum yang muncul di masyarakat, termasuk derivasi pada tindakan atau perbuatan hukum menyimpang yang dilakukan oleh anggota masyarakat. Untuk merespon adanya perubahan yang terjadi maka seyogianya Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin merumuskan suatu rencana strategis (renstra) dengan maksud untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan kerja-kerja unit yang ada di bawah fakultas hukum dimaksud dalam rangka untuk menjalankan program kerja fakultas hukum yang disesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Rencana Strategis (Renstra) merupakan suatu rujukan atau panduan mengenai kondisi ideal suatu organisasi yang akan dicapai bersama-sama dalam batas waktu dan dengan strategi tertentu, beserta indikator-indikator keberhasilan pelaksanaannya. Dalam menentukan strategi dan indikator keberhasilan tersebut, tentunya Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin merujuk dan memperhatikan secara seksama Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Tahun 2005-2025, Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Tahun 2010-2014, Rencana Strategis Pendidikan Nasional (2010-2014), serta Rencana Strategis Universitas Hasanuddin (2015-2020).

Rencana Strategis Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Tahun 2016-2020 ini diberi tema “Developing Law Faculty through Resources Based Improvement”. Rencana Strategis ini disusun sebagai usaha untuk memastikan arah pengembangan dan usaha transformasi Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang selaras dengan tahapan pengembangan Universitas Hasanuddin menuju World Class University tahun 2010-2020.

Di samping itu, rencana strategis yang dirumuskan ini akan dijadikan sebagai acuan utama atau pedoman unit-unit kerja pada Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin untuk menyusun program kerja pelaksanaan dan implementasinya selama 5 (lima) tahun ke depan, sehingga rumusan rencana strategis  yang telah dihasilkan dapat pula menjadi alat atau instrumen monitoring dan evaluasi dalam menjalankan kegiatan operasional program studi di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

LANDASAN HUKUM

Renstra Fakultas Hukum Unhas 2016 – 2020 ini disusun mengacu kepada peraturan perundang-undangan sebagai berikut:

  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2014 tentang Unhas sebagai PTN-BH
  5. Peraturan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  6. Kepmendiknas No. 192/O/2003 tentang Statuta Unhas
  7. Renstra Universitas

Visi

Melalui Lokakarya yang dilaksanakan di Malino  (Sulawesi Selatan) pada tanggal 18-20 Desember 2015, Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) telah menetapkan Visi sebagai berikut:

“Pusat Pengembangan Insani dan Ilmu Hukum yang Handal, Inovatif, Berbudaya Kualitas, Berbasis Benua Maritim Indonesia”

Visi Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin tersebut merupakan derivasi substantif dari Visi Universitas Hasanuddin, yaitu : Pusat Unggulan dalam Pengembangan Insani, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya Berbasis Benua Maritim Indonesia.

Visi tersebut sangat realistik dan spesifik, selain dapat diwujudkan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan, tentunya tidak hanya dalam makna menghasilkan luaran Sarjana Hukum yang berkualitas, tetapi juga sangat profesional, humanistis memiliki daya saing yang tinggi serta  berbudi pekerti yang luhur.

Misi

Misi Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin sebagai berikut.

  1. Mengembangkan ilmu dan keterampilan hukum yang inovatifberbasis Benua Maritim.
  2. Mengembangkan model pembelajaran dalam pembentukan karakter mahasiswa hukum yang handal.
  3. Menyediakan lingkungan pembelajaranyang kondusif dan berkualitas.
  4. Menyebarluaskan ilmu hukum bagi kemaslahatan dan pemecahan masalah dalam masyarakat.

Tujuan

Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin memiliki beberapa tujuan yang akan dicapai, yaitu : 

  1. Dihasilkannya lulusan berakhlak mulia yang menguasai konsep, prinsip, dan kaidah dasar ilmu hukum sebagai dasar penguasaan kompetensi keilmuan.
  2. Dihasilkannyalulusan yang memiliki kemampuan dalam menerapkan konsep, prinsip, dan kaidah hukum untukmemecahkan masalah hukum.
  3. Dihasilkannya lulusan yang memiliki kemampuan menerapkan dan mengembangkan ilmu hukum yang handal dan inovatif.
  4. Terwujudnya penerapan dan penyebarluasan ilmu hukum bagi kemaslahatan masyarakat yang berbasis nilai-nilai kemaritiman Indonesia.

Tujuan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin tersebut tidak bisa dilepaskan dalam bingkai besar dari tujuan Universitas Hasanuddin, yaitu :

  1. Membaiknya sistem pembelajaran Unhas berstandar Internasional dengan menggunkaan metode Student Centered Learning (SCL).
  2. Terselenggaranya riset berkualitas internasional.
  3. Terwujudnya komitmen tanggung jawab sosial universitas (USR).
  4. Terbangunnya organisasi dan manajemen yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Tridharma.

Nilai-nilai

Untuk mewujudkan tujuan tersebut di atas, perlu dipahami bahwa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin menganut sistem nilai yang menjamin kebebasan pengembangan diri yang adaptif-kreatif terhadap keserbautuhan wawasannya, kebermanfaatan peranannya dan keberbagian keberadaannya. Sistem nilai tersebut merupakan pilar-pilar proses sekaligus komitmen terhadap orientasi pengembangan yang berbudaya kualitas (quality culture) dalam semua bentuk gerak langkah menuju kemajuan yang dapat memotivasi setiap individu atau kelompok yang senantiasa mengupayakan perbaikan dan penyempurnaan dalam melaksanakan misi.

Nilai-nilai Program Studi Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin tersebut diturunkan dari makna terdalam dari nilai-nilai kemaritiman yang berbasis Benua Maritim Indonesia, yaitu :

  1.  Integritas ; mewakili jujur (lempu), berani (warani), bertanggung jawab, dan teguh dalam pendirian (getteng).
  2. Inovatif ; merupakan kombinasi dari kecerdasan (macca) kreatif, berorientasi mutu, mandiri, dan kepeloporan.
  3. Katalitik ;  mewakili sifat berani, keteguhan hati, dedikatif, dan kompetetif.
  4. Arif ; manifestasi saling menghargai (sipakatau), saling mengingatkan (sipakainge) dan saling memuliakan (sipakalebbi).

Dalam upaya penyelenggaraan misi pendidikan/pembelajaran memerlukan sejumlah sikap budaya kualitas yang meliputi:

  1. Berwawasan holistik dalam memandang setiap permasalahan
  2. Mengutamakan kecermatan, yaitu senantiasa bersikap taat asas, telaah kritis, dan teguh-tekun-ulet  yang sangat sesuai nilai-nilai kemaritiman.
  3. Memberikan penghargaan utama kepada kejujuran, yaitu sistematik obyektif dan bertanggungjawab.
  4. Menjunjung tinggi empat dimensi keunggulan manusia, yaitu kebenaran, kebaikan, keindahan, dan keutuhan. 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin memiliki beberapa sasaran sebagai berikut :

  1. Tercapainya lulusan yang berkualitas, handal, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai Benua Maritim Indonesia.
  2. Berkembangnya suasana akademik melalui peningkatan kinerja sumber daya manusia dalam mengemban tugas Tridharma Perguruan Tinggi.
  3. Meningkatnya Tata Kelola Organisasi yang baik dalam menghadapi  perkembangan global.
  4. Optimalisasi sarana dan prasarana yang ada dalam rangka peningkatan kemampuan akademik Sumber Daya Manusia yang menghasilkan lulusan berkualitas, handal, dan inovatif.
  5. Terciptanya Pengelolaan sumber dana dengan sistem manajemen yang efektif dalam rangka meningkatkan produktivitas yang berkelanjutan.
  6. Terbangunnya Komitmen pemimpin yang kuat dalam mengimplementasikan peraturan yang dapat mendorong ke arah tercapainya visi dan misi Fakultas.
  7. Terbangunnya Tata Kelola Organisasi yang baik.