Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas Meraih Beasiswa Bank Indonesia 2019
  • English Language
  • Indonesian Language
  • Makassar,Indonesia

Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas meraih Beasiswa Bank Indonesia 2019

Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas berhasil meraih Beasiswa Bank Indonesia (BI) Tahun 2019. Selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai Bank Sentral, BI juga peduli pada dunia pendidikan di Indonesia yaitu dengan memberikan Beasiswa kepada mahasiswa di beberapa kampus di Indonesia. Program ini merupakan bagian dari CSR Bank Indonesia dan menjadi salah satu bentuk peran nyata Bank Indonesia dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. program ini tidak hanya membantu dari sisi mahasiswa, namun akan diarahkan juga melalui program yang bersifat edukasi bagi mahasiswa yaitu pengembangan kewirausahaan/entrepreneur, dengan menyelenggarakan seminar atau pelatihan yang terkait untuk menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa, mengikutsertakan mahasiswa pada acara/kegiatan Bank Indonesia dan melakukan pertemuan secara rutin dengan mahasiswa untuk silaturrahim dan pembinaan akhlak/mental mahasiswa.

Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas yang mendapat Beasiswa BI tahun ini ini yakni Stevani Bagau (2015), Lavenia Buce (2016), Rizqa Ananda (2016) dan Annisa Ramadhania (2017). Masing-masing menerima beasiswa sebesar Rp. 1.500.000/bulan. Stevani Bagau dan Rizqa Ananda merupakan penerima Beasiswa BI sejak tahun lalu. Mahasiswa penerima beasiswa ini telah melewati tahapan seleksi yang keseluruhan dirangkum yakni seleksi tahap 1 (Administrasi dan Kriteria Umum), seleksi tahap 2 (Wawancara), Pengumuman, Pembentukan Organisasi GenBI dan Pengembangan Kompetensi. Adapun skema dan Kriteria Beasiswa Bank Indonesia (BI) yakni sebagai berikut:

1. Beasiswa Reguler BI

Penerima beasiswa reguler ditujukan pada 50 orang mahasiswa/i setiap tahunnya. Rincian pembiayaan program beasiswa reguler yakni: 50 mahasiswa uang tunai Rp 1.000.000 x 12 bulan : Rp 600.000.000,- Pengelolaan Program serta Pembinaan Komunitas  Rp 10.000.000,-. Indeks Prestasi Kumulatif saat melamar beasiswa minimal 3.00 dari skala 4.00. Berasal dari keluarga yang berlatar belakang ekonomi kurang mampu atau pra-sejahtera. Menyertakan motivation letter dan resume pribadi dalam Bahasa Indonesia. Surat rekomendasi 1 tokoh dari akademik maupun non akademik.

2. Beasiswa Unggulan BI

Penerima beasiswa reguler ditujukan pada 20 orang mahasiswa/i setiap tahunnya. Rincian pembiayaan program beasiswa reguler yakni: 50 mahasiswa uang tunai Rp 1.500.000 x 12 bulan : Rp 360.000.000,- Pengelolaan Program serta Pembinaan Komunitas  Rp 10.000.000,-. Indeks Prestasi Kumulatif saat melamar beasiswa minimal 3.00 dari skala 4.00. Menyertakan sertifikat TOEFL PBT/IBT dengan skor minimal 500 yang dikeluarkan oleh institusi atau lembaga terpercaya dan diakui. Menyertakan motivation letter dan rencana karir apabila telah menyelesaikan program studi program pendidikan Strata-1 (dalam Bahasa Inggris). Surat Rekomendasi  2 tokoh dari akademik dan non-akademik.