Promosi Doktor Ilmu Hukum Ibu Ratna Dewi

By FHIAL 27 Juli 2016 12:59:50

Rabu, 27 juli 2016 Fakultas Hukum Unhas menyelenggarakan sidang promosi doktor dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Ilmu Hukum kepada Ibu Ratna Dewi. Sidang promosi dilaksanakan di Aula Prof. Dr. Mr. Andi Zainal Abidin Farid, S.H., lt.3 Fakultas Hukum Unhas dengan ketua sidang oleh Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum. Judul disertasi yaitu Kedudukan Dan Fungsi Badan Pengawas Pemilihan Umum Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemilu Yang Baik.

Dalam kesimpulannya Ibu Ratna Dewi mengatakan, keberadaan Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu di indonesia dapat dilihat dari 2 (dua) aspek penting., yaitu : pertama aspek kedudukan dan kedua aspek fungsi.
aspek keduduka,memiliki kedudukan penting sebagai pengawal kedaulatan rakyat yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pemilu yang demokratis yang didasarkan pada 2 (dua) prinsip utama, yaitu : prinsip Pancasila dan prinsip demokrasi. Keberadaan Bawaslu menunjukkan adanya mekanisme kontrol pembatasan kekuasaan dalam penyelenggaraan pemilu oleh KPU.
Aspek fungsi, memilikin fungsi sebagai pelindung hak politik yang bukan hanya bersifat preventif (pencegahan) dan reperesif (penindakan pelanggaran), akan tetapi juga bersifat retroaktif (pemulihan hak konstitusional pesrta pemilu), bertujuan memastikan tidak terjadi penghilangan hak politik warga negara oleh KPU karena sebab prosedural semata

Sidang promosi dipromotori oleh Prof. Dr. Aminuddin Ilmar,SH., MH., Kopromotor Prof. Dr. Andi Pangerang Moenta, SH., MH., dan Prof. Dr. Anwar Borahima, SH., MH. Turut mengundang penguji Eksternal Prof. Dr. Topo Santoso, SH., MH., Ph.D., dan penguji lain antaralain Prof. Dr. Syamsul Bachri, SH., MS., Prof. Dr. Abdul Razak, SH., MH., Prof. Dr. Achmad Ruslan, SH., MH., Dr. Muh. Hasrul, SH., MH. Disertasi dipresentasikan dengan baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan. gelar doktor diberikan kepada Ibu Ratna Dewi.

Bilingual

EN ID

Fakultas Fans Page

Kontak Kami

Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin

Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10, Tamalanrea Makassar,90245,Sul-sel, Indonesia
Telp : (0411) 587219
Email : hukum@unhas.ac.id

Pengunjung

Online 003
Hari Ini 013
Bulan Ini 7107