Alumni Fh Unhas Apresiasi Capaian Almamaternya Di Ajang Top Law Schools 2023

Alumni FH Unhas Apresiasi Capaian Almamaternya di Ajang Top Law Schools 2023

Penilaian yang dilakukan Hukumonline diharapkan menjadi koreksi bagi FH Unhas untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pemberdayaan alumni.

Oleh: Fitri Novia Heriani

Untuk kali kedua, Hukumonline meluncurkan laporan hasil survei Top Indonesian Law Schools Ranking 2023. Pemeringkatan ini didasarkan dari data 812 Partner pada 210 kantor hukum terkemuka yang berpartisipasi dalam ajang Top 100 Indonesian Law Firms 2023. Dari data itu, Hukumonline berhasil mengidentifikasi almamater kampusnya para Partner kantor hukum terkemuka, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Dalam laporan Top Indonesian Law Schools 2023 ini terjadi peningkatan jumlah perguruan tinggi dan sebaran menurut provinsi bila dibandingkan laporan tahun 2022. Pada tahun 2022, ditemukan 68 perguruan tinggi yang tersebar di 16 provinsi Indonesia. Sedangkan pada tahun 2023 ini ditemukan 80 perguruan tinggi yang tersebar di 18 provinsi.

Pemeringkatan ini terbagi atas beberapa kategori yakni PTN & PTS Hukum Nasional Terbaik 2023, PTN Hukum Nasional Terbaik 2023, PTS Hukum Nasional Terbaik 2023, PTN Hukum Wilayah Barat Terbaik 2023, PTN Hukum Wilayah Tengah Terbaik 2023, PTN Hukum Wilayah Barat Terbaik 2023, dan PTN Hukum Wilayah Timur Terbaik 2023. Kemudian ada juga kategori PTS Hukum Wilayah Barat Terbaik 2023, PTS Hukum Wilayah Tengah Terbaik 2023, PTS Hukum Wilayah Barat Terbaik 2023, dan PTS Hukum Wilayah Timur Terbaik 2023.

Untuk kategori PTN Hukum Wilayah Timur terbaik 2023, Universitas Hasanuddin (Sulawesi Selatan) berada pada posisi ke-2. Menariknya, selisih poin Unhas dan Universitas Brawijaya yang berada di peringkat 1 sangat tipis, yakni 1,6 poin. Pencapaian tersebut disambut baik oleh Ketua IKA FH Unhas Jabodetabek, Imran Nating. Imran menyebut penilaian yang dilakukan Hukumonline akan menjadi koreksi bagi FH Unhas untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pemberdayaan alumni.

 “Alhamdulillah, capaian FH Unhas alumninya bisa berada di peringkat dua, sekalipun semua orang pasti berharap bisa berada di peringkat pertama. Jadi masuknya FH Unhas di dalam ranking Hukumonline, kita tentu terima kasih, kita sudah ada dalam view Hukumonline,” kata Imran, Rabu (13/9).

Kemudian dengan adanya pencapaian ini, pihaknya selaku alumni FH Unhas yang sudah berpraktik akan terus bekerja dengan baik, berprestasi dengan baik untuk mempertahankan penilaian tersebut atau bahkan jika mungkin bisa naik ke peringkat satu. Selain itu selaku ketua, Imran akan menyebarkan informasi kepada seluruh alumni FH Unhas untuk bergabung dengan Hukumonline dan ikut berpartisipasi dalam survey.

“Ya, kemarin sempat berkomunikasi dengan Dekan FH Unhas, itu kata beliau tahun depan kita harus peringkat satu katanya,” ujar Imran.

Sementara itu, Chief Media & Engagement Officer (CMO) Hukumonline Amrie Hakim mengucapkan selamat kepada FH Unhas, terutama Imran Nating atas pencapaian FH Unhas yang sukses menduduki peringkat kedua dalam kategori PTN Hukum Wilayah Timur terbaik 2023.

Chief Media & Engagement Officer (CMO) Hukumonline Amrie Hakim memberikan selamat kepada Ketua IKA FH Unhas Jabodetabek, Imran Nating.

Selain itu, Amrie juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama Imran selaku Ketua IKA FH Unhas Jabodetabek yang telah mendorong alumni-alumni FH Unhas khususnya alumni yang berprofesi sebagai lawyer, untuk berpartisipasi dalam survei yang dilakukan oleh Hukumonline.

“Saya mengucapkan selamat kepada IKA FH Unhas, khususnya kepada IKA FH Unhas se Jabodetabek, Imran Nating, atas kerja sama yang telah mendorong alumni FH Unhas khususnya mereka sudah menjadi law firm ternama Indonesia untuk ikut dalam survey TOP 100 Law School law firm sehingga pada tahun ini FH Unhas menduduki posisi kedua dalam kategori PTN Wilayah Timur tahun 2023,” katanya.

Selanjutnya Amrie berharap IKA FH Unhas dapat terus mempertahankan prestasi ini atau bahkan bisa meningkat di tahun depan. Peringkat ini sekaligus juga diharapkan menjadi pendorong untuk meningkatkan kualitas-kualitas lulusan FH Unhas.