| UNIVERSITAS HASANUDDIN FAKULTAS HUKUM PROGRAM STUDI SARJANA HUKUM ADMINISTRASI NEGARA | Kode Dokumen: | ||||||
| RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER | |||||||
| MATA KULIAH (MK): | Kode: | Rumpun MK: | Bobot (sks): 4 | Semester: | Tanggal Penyusunan: | ||
| HUKUM ADMINISTRASI NEGARA | 208B2114 | Hukum Administrasi Negara | T = 4 | P = 0 | III | Agustus 2020 | |
| OTORISASI 
 
 
 Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi Prof. Dr. Hamzah Halim, SH, MH | Pengembang RPS: | Koordinator RMK: | Ketua Prodi: | ||||
| 
 
 
 
 Prof. Dr. Abdul Razak, S.H., M.H. | 
 
 
 
 Prof. Dr. Abdul Razak, S.H., M.H. | 
 
 
 
 Prof. Dr. Achmad Ruslan, S.H., M.H. | |||||
| Capaian Pembelajaran (CP) | CPL Prodi yang dibebankan pada MK | 
 | |||||
| CPL 1 | Mampu menginternalisasi budi pekerti luhur dan moral Pancasila | ||||||
| CPL 2 | Mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok | ||||||
| CPL 3 | Mampu berkomunikasi secara verbal dan bentuk tertulis | ||||||
| CPL 4 | Mampu membangun argumentasi dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis | ||||||
| CPL 5 | Mampu menganalisis konsep teoritis dasar-dasar keilmuan dalam bidang hukum administrasi negara | ||||||
| CPL 7 | Mampu merancang konsep penyelesaian masalah dalam kasus hukum bidang administrasi negara melalui penerapan metode berpikir yuridis, berdasarkan pengetahuan teoritis dan peraturan perundang-undangan | ||||||
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | 
 | ||||||
| CPMK | Mampu menganalisis konsep-konsep dasar dalam dalam konteks penyelenggaraan administrasi negara atau pemerintahan sebagai modal dalam pemecahan masalah-masalah hukum khususnya di bidang pemerintahan (eksekutif). | ||||||
| CPL  Sub-CPMK | 
 | ||||||
| CPL-1 | Sub-CPMK 1 Mampu menjabarkan materi pendahuluan HAN | ||||||
| CPL-1,3,5 | Sub-CPMK 2 Mampu menghubungkan HAN dengan HTN | ||||||
| CPL-1,2,5 | Sub-CPMK 3 Mampu menjabarkan sumber-sumber hukum administrasi negara | ||||||
| CPL-1,2,5 | Sub-CPMK 4 Mampu menjabarkan kedudukan hukum pemerintah | ||||||
| CPL-1,2,5 | Sub-CPMK 5 Mampu menjabarkan kewenangan pemerintah | ||||||
| CPL-1,2,5 | Sub-CPMK 6 Mampu menganalisis mengenai diskresi | ||||||
| CPL-1,3,5 | Sub-CPMK 7 Mampu mengelompokkan macam-macam tindakan pemerintahan | ||||||
| CPL-1,4,7 | Sub-CPMK 8 Mampu membedakan instrumen pemerintahan | ||||||
| CPL-1,3,5 | Sub-CPMK 9 Mampu menjabarkan Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB) | ||||||
| CPL-1,4,7 | Sub-CPMK 10 Mampu membedakan jenis penyalahgunaan wewenang | ||||||
| CPL-1,4,7 | Sub-CPMK 11 Mampu membedakan bentuk pengawasan yang dapat dilakukan pemerintah | ||||||
| CPL-1,4,7 | Sub-CPMK 12 Mampu menganalisis perlindungan hukum kepada masyarakat dan pertanggung jawaban hukum Pemerintah | ||||||
| CPL-1,4,7 | Sub-CPMK 13 Mampu menganalisis kewenangan Peradilan Tata Usaha Negara | ||||||
| CPL-1,3,5 | Sub-CPMK 14 Mampu membedakan sanksi administrasi | ||||||
| Deskripsi Singkat MK | Deskripsi singkat matakuliah ini membahas mengenai Pengertian dan ruang lingkup HAN, Peristilahan, Perkembangan HAN, Hubungan HAN dengan Hukum Tata Negara, Sumber-sumber Hukum Administrasi Negara, Pengertian Pemerintah/Pemerintahan, Kedudukan hukum pemerintah, Wewenang pemerintahan, Diskresi, Tindakan Pemerintahan, Instrumen hukum Pemerintahan, AUPB, Penyelahgunaan Wewenang, Pengawasan, Perlindungan hukum dan Pertanggung jawaban hukum Pemerintah, PTUN, Penegakan hukum dalam HAN dan Sanksi-sansksi. | ||||||
| Bahan Kajian/Materi Pembelajaran | Pengertian dan ruang lingkup HAN, Peristilahan, Perkembangan HAN, Hubungan HAN dengan Hukum Tata Negara, Sumber-sumber Hukum Administrasi Negara, Pengertian Pemerintah/Pemerintahan, Kedudukan hukum pemerintah, Wewenang pemerintahan, Diskresi, Tindakan Pemerintahan, Instrumen hukum Pemerintahan, AUPB, Penyelahgunaan Wewenang, Pengawasan, Perlindungan hukum dan Pertanggung jawaban hukum Pemerintah, PTUN, Penegakan hukum dalam HAN dan Sanksi-sansksi. | ||||||
| Pustaka | Utama: | 
 | |||||
| 
 | |||||||
| Pendukung: | 
 | ||||||
| 
 | |||||||
| Dosen Pengampu | Prof. Dr. Abdul Razak, S.H., M.H. Prof. Dr. Marthen Arie, S.H., M.H. Prof. Dr. Marwati Riza, S.H., M.Si. Dr. Anshory Illyas, S.H., M.H. | Dr. Andi Bau Inggit AR, S.H., M.H. Ariani Arifin, S.H., M.H. Dian Utami Mas Bakar, S.H., M.H. Ruslan Hambali, S.H.,M.H. | |||||
| Mata Kuliah Syarat | Ilmu Negara, Hukum Tata Negara | ||||||
| Pekan ke- | Sub-CPMK | Penilaian | Bentuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Penugasan Mahasiswa (Estimasi Waktu) | Materi Pembelajaran (Pustaka) | Bobot Penilaian (%) | ||
| Indikator | Bentuk & Kriteria | Luring (Offline) | Daring (online) | ||||
| 1-3 | Mampu menjabarkan materi pendahuluan HAN | 
 
 | Bentuk: Tertulis (Tugas dan Latihan) 
 Kriteria: 7-9 = tepat menjabarkan 3 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 4-6 = tepat menjabarkan 2 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 1-3 = tepat menjabarkan 1 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan kurang baik. 
 | Tatap Muka (Pilihan) (2x50 menit) 
 
 
 | Tatap Maya (2x50 menit): 
 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 
 
 
 | Pendahuluan: 
 
 Pustaka: 
 | 9 | 
| 4 | Mampu menghubungkan HAN dengan HTN | 
 | Bentuk: Tertulis (Latihan) 
 Kriteria: 3-4 = tepat menghubungankan materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 1-2 = kurang tepat menghubungankan materi, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, tepat waktu | Tatap Muka (2x50 menit) 
 | Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit): 
 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 
 | Hubungan HAN dengan Hukum Tata Negara 
 Pustaka: 
 
 | 4 
 
 
 
 
 | 
| 5 | Mampu menjabarkan sumber-sumber hukum administrasi negara | 
 Question material 
 | Bentuk: Tertulis (Tugas) dan Diskusi 
 Kriteria: 3-4 = mampu menjabarkan 3 sub materi dengan baik, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu, aktif 1-2 = mampu menjabarkan 3 sub materi dengan cukup baik, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, tepat waktu, kurang aktif 
 | TM (Pilihan) (2x50 menit): 
 
 | Tatap Maya (2x50 menit) 
 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 | Sumber-sumber Hukum Administrasi Negara. 
 
 Pustaka: 
 
 | 4 | 
| 6-7 | Mampu menjabarkan kedudukan hukum pemerintah | 
 question material 
 
 | Bentuk: Tertulis (Latihan dan Tugas) dan Diskusi 
 Kriteria: 4-6 = mampu menjabarkan 2 sub materi dengan baik, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, aktif 1-3 = mampu menjabarkan 1 sub materi dengan cukup baik, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, aktif 
 | Tatap Muka (2x50 menit): 
 
 | Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit): 
 
 BM (2x60 menit): 
 
 
 PT (2x60 menit): 
 | Pengertian Pemerintah/Pemerintahan; Kedudukan hukum pemerintah: 
 
 Pustaka: 
 
 | 6 | 
| 8-9 | Mampu menjabarkan kewenangan pemerintah | 
 question material 
 
 
 | Bentuk: Tertulis (Latihan dan Tugas) dan Diskusi 
 Kriteria: 4-6 = mampu menjabarkan 2 sub materi dengan baik, aktif 1-3 = mampu menjabarkan 1 sub materi dengan baik, aktif 
 
 | Tatap Muka (2x50 menit): 
 
 | Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit): 
 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 
 | Wewenang pemerintahan 
 
 Pustaka: 
 
 | 6 | 
| 10-11 | Mampu menganalisis mengenai diskresi | 
 question material 
 
 | Bentuk: Tertulis (Tugas) dan Diskusi 
 Kriteria: 4-6 = mampu menganalisis materi dengan baik, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, aktif 1-3 = mampu menganalisis materi dengan cukup baik, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, aktif 
 | Tatap Muka (2x50 menit): 
 
 | Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit): 
 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 
 | Kebebasan bertindak (diskresi). 
 Pustaka: 
 | 6 | 
| 12 | Mampu mengelompokkan macam-macam tindakan pemerintahan | 
 
 | Bentuk: Tertulis (Tugas) 
 Kriteria: 3-4 = mampu mengelompokkan materi dengan baik, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, aktif 1-2 = mampu mengelompokkan materi dengan cukup baik, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, aktif 
 | Tatap Muka (Pilihan) (2x50 menit) 
 
 
 | Tatap Maya (2x50 menit): 
 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 
 | Tindakan Pemerintahan 
 
 Pustaka: 
 
 | 4 | 
| 13-20 | Mampu membedakan instrumen pemerintahan | 
 
 | Bentuk: Tertulis (Latihan dan Tugas), Case Study dan Diskusi 
 Kriteria: Setiap 1 materi diberikan bobot nilai = @4 jika mampu membedakan materi dengan baik, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan baik, aktif, tepat menganalisis kasus | TM (2x50 menit): 
 | Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit) 
 BM (2x60 menit): 
 
 
 PT (2x60 menit): 
 
 | Pengertian Instrumen pemerintahan; Instrumen hukum pemerintahan: 
 
 
 Pustaka: 
 | 24 | 
| 21-22 | Mampu menjabarkan Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB) | 
 | Bentuk: Tertulis (Tugas) 
 Kriteria: 4-6= mampu menjabarkan 3 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 1-3 = mampu menjabarkan 2 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan cukup baik, tepat waktu 
 | TM (2x50 menit): 
 
 | Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit) 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 
 | Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik. 
 
 Pustaka: 
 | 6 | 
| 23 | Mampu membedakan jenis penyalahgunaan wewenang | 
 
 | Bentuk: Tertulis (Tugas) dan Case Study 
 Kriteria: 3-4 = tepat membedakan materi, aktif, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan baik 1-2 = kurang tepat membedakan materi, aktif, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan cukup baik 
 | Tatap Muka (2x50 menit): 
 | Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit) 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 
 | Penyalahgunaan wewenang; 
 
 
 Pustaka: 
 | 4 | 
| 24-25 | Mampu membedakan bentuk pengawasan yang dapat dilakukan pemerintah | 
 | Bentuk: Tertulis (Tugas) dan Case Study 
 Kriteria: 4-6 = tepat membedakan bentuk pengawasan yang dapat dilakukan pemerintah, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan baik 1-3 = kurang tepat membedakan bentuk pengawasan yang dapat dilakukan pemerintah, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan cukup baik 
 | Tatap Muka (Pilihan) (2x50 menit): 
 | Tatap Maya (2x50 menit) 
 BM (2x60 menit): 
 PT (2x60 menit): 
 
 | Pengawasan; 
 
 Pustaka: 
 
 | 6 | 
| 26-27 | Mampu menganalisis perlindungan hukum kepada masyarakat dan pertanggung jawaban hukum Pemerintah | 
 | Bentuk: Tertulis (Latihan dan Tugas) dan Case Study 
 Kriteria: 4-6 = tepat menganalisis materi, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan baik 1-3 = kurang tepat menganalisis materi, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan cukup baik | Tatap Muka (Pilihan) (2x50 menit): 
 | Tatap Maya (2x50 menit) 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 | Perlindungan hukum; Pertanggung jawaban hukum Pemerintah; Sengketa Tindakan Pemerintahan; Sengketa Perbuatan Melanggar Hukum 
 Pustaka: 
 | 6 | 
| 28-30 | Mampu menganalisis kewenangan Peradilan Tata Usaha Negara | 
 
 | Bentuk: Tertulis (Tugas) dan Case Study 
 Kriteria: 7-9 = tepat menganalisis 3 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 4-6 = tepat menganalisis 2 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan baik, tepat waktu 1-3 = tepat menganalisis 1 sub materi, mampu mengemukakan pendapat dengan kurang baik. 
 | Tatap Muka (2x50 menit): 
 | Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit) 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 | PTUN: 
 
 Pustaka: 
 
 UU PTUN | 9 | 
| 31-32 | Mampu membedakan sanksi administrasi | 
 | Bentuk: Tertulis (Tugas) 
 Kriteria: 4-6 = tepat membedakan sanksi, administratif tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan baik 1-3 = kurang tepat membedakan sanksi administratif, tepat waktu, mampu menyatakan pendapat dengan cukup baik 
 | TM (2x50 menit): 
 
 | Tatap Maya (Pilihan) (2x50 menit) 
 BM (2x60 menit): 
 
 PT (2x60 menit): 
 
 | Penegakan hukum dalam HAN dan Sanksi-sansksi : 
 Pustaka: 
 
 | 6 |